Kunjungan SMA N 1 Panji Ke DPRD Kabupaten Situbondo

2023-08-29 00:00:00

Siswa SMA Negeri 1 Panji mengunjungi DPRD Kabupaten Situbondo dalam rangka Implementasi Pelaksanaan Demokrasi

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Panji sekaligus Koordinator Kegiatan Drs. Gatot Dwi Pujihandoko mengatakan, pada prinsipnya hari ini mereka melaksanakan Kegiatan Implementasi Pelaksanaan Demokrasi Khsusunya pada Kabupaten Situbondo, “Jadi kami mengajak anak-anak untuk mengunjungi rumah demokrasi salah satunya adalah kantor DPRD Kabupaten Situbondo, Hari ini kami diterima oleh bapak-bapak dari anggota dewan dari Fraksi Demokrat Hadi Prinato, S.Pd, Fraksi PDIP Ningsih MS, S.Pd.I dan Fraksi Golkar Ahmad Busairi,” ujarnya di Gedung DPRD Kabupaten Situbonod pada hari Selasa (29/08/2023).

“Kami merasa senang karena anak-anak kami mendapat pengalaman banyak terkait demokrasi. Karena anak kami berusia rata-rata berusia 15 tahun, mungkin 2 tahun ke depan mereka sudah masuk ranah demokrasi 17 tahun. Mudah-mudahan setelah pulang dari kunjungan ini mereka merasa berpikir siap ketika 2 tahun lagi mereka punya hak pilih memilih dengan cara yang baik dan yang benar,” tambahnya.

“Kami senang semoga ke depan bisa berlanjut. Kita ajak 80 siswa dan gurunya ada 13 orang,” katannya.

“Karena ini merupakan Implementasi Pelaksanaan Demokrasi ada di kurikulum merdeka. Jadi siswa yang ikut kesini adalah siswa kelas 11. Jadi usianya memang 15 tahun dan dimungkinkan 2 tahun lagi mereka sudah bisa diajak untuk masuk ke ranah demokrasi karena itu sudah 17 tahun,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Situbondo dari Fraksi Demokrat Hadi Prianto, S.Pd menuturkan, kedatangan siswa SMA 1 Panji ini merupakan kegaitan positif sebagai pelajar dan salah satu bentuk edukasi dini terhadap kaum remaja. Jadi kami sangat positif sekali makanya tadi saya tawarkan bila perlu semua sekolah datang ke sini untuk melakukan edukasi lapangan seperti ini. Sehingga anak-anak remaja siswa itu sudah melek politik sejak dini sebelum mereka turun ke dunia politik nyata,” katanya.

“Tadi kita sampaikan kepada siswa apa itu demokrasi, apa itu tupoksi daripada DPRD. Kemudian mereka bertanya juga tentang mekanisme Pelaksanaan Demokrasidi di Kabupaten Situbondo, harapan kita dengan edukasi sejak dini jadi masyarakat itu lebih melek politik,” tutupnya.


Berita Populer





RAPAT PARIPURNA
Dibaca 320 kali


Sidak Monitoring III
Dibaca 269 kali